Powered By Blogger
Add to Technorati Favorites

Al Quran's verse

(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Alloh. Ingatlah, hanya dengan mengingati Alloh-lah hati menjadi tenteram. (Q.S. Ar-Ra'd, ayat 28).

Search Engine

Monday, February 26, 2007

Bau Badan

Bau badan alias BB adalah sesuatu yang pasti dimiliki oleh setiap orang dan hal itu bukanlah suatu permasalahan yang besar. Jika kemudian BB berbau tidak sedap, besar kemungkinan orangnya jorok sekali. BB tidak bisa dihilangkan tapi hanya bisa dicegah agar tidak terlalu bau. BB yang sangat menyengat dapat mengganggu orang-orang disekitarnya dan membuat sipenderita BB tidak percaya diri sehingga ada yang menyamakan sipenderita BB dengan “embeee….”.

BB adalah aroma yang ditimbulkan oleh keringat, diproduksi oleh kelenjar keringat yang tercampur bakteri sehingga menimbulkan aroma keringat yang kurang sedap. Masing-masing orang mempunyai BB yang berbeda dan khas. Setiap bagian badan pun memiliki bau spesifik. Bau yang dihasilkan bisa bersumber dari berbagai bagian organ diantaranya, bau mulut, liang telinga, kulit kepala, dan ketiak.

BB yang berasal dari bau ketiak dihasilkan oleh kelenjar keringat apokrin di ketiak yang tercampur bakteri. Karenanya bau ketiak (axillary odor) termasuk bau yang paling menonjol diantara bau-bau lainnya.

Manusia dewasa memiliki 2 juta kelenjar keringat yang terbagi atas kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar apokrin berbentuk lebih besar dari kelenjar ekrin, terdapat hanya di beberapa bagian tubuh seperti ketiak, sekitar payudara dan pusar serta alat genital. Kelenjar ini menghasilkan cairan kental sebagai pelicin sehingga tidak terjadi gesekan antar kulit untuk menghindari kelecetan.

Bau khas keringat ini baru timbul setelah bakteri pada kelenjar apokrin aktif. Kelenjar apokrin lebih banyak terdapat pada pria dibandingkan wanita, dan baru berfungsi setelah mencapai usia pubertas. Makanya problem kebanyakan remaja selain jerawat adalah bau badan.

Sebenarnya keringat itu tidak berbau seberapa banyaknya. Keringat itu hanya faktor pemicu sedangkan yang menimbulkan bau adalah bakteri atau kuman. Kuman ini muncul karena badan tidak bersih atau juga karena pola makanan. Jadi BB muncul karena orang tersebut kurang merawat kebersihan badannya. Untuk itu disarankan mandi minimal 2x sehari dan tidak asal mandi tapi harus benar-benar bersih. Bahkan sabun mandinya pun harus diperhatikan.

Bagi yang sudah terlanjur terkena BB, gunakanlah sabun antiseptik untuk mencegah BB. Namun bagi yang mudah alergi (atopik), sebaiknya jangan terlalu sering memakai sabun antiseptic. Lebih baik memakai sabun yang natural saja. Pemakaian sabun antiseptik dilakukan jika tubuh benar-benar kotor misalnya sehabis berkebun atau bermain bola di lapangan becek.

Ada beberapa tips untuk menghilangkan BB:
1. Kebersihan tubuh haruslah dijaga terutama pada daerah berambut. Mandi minimal 2x sehari dan keramas 2-3x seminggu. Kalau perlu pakai sabun antiseptik.
2. Sehabis mandi taburkan bedak yang bersifat menyerap air (higroskopis) ke seluruh tubuh. Bisa juga mengoleskan deodorant ke ketiak.
3. Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, dan cucilah pakaian yang telah dipakai (hindari pemakaian dua kali).
4. Jangan terlalu sering makan yang panas, baik suhu maupun bumbunya. Juga hindari makanan tertentu yang menimbulkan bau seperti bawang putih atau merah, jengkol atau petai.
5. Jika tubuh berkeringat, segera mengelap dan kalau perlu segera ganti baju.
6. Dapat juga menaburkan tawas halus ke ketiak atau bagian-bagian yang banyak memproduksi keringat.
7. Sesekali minum ramuan air daun sirih atau bila perlu mandi dengan air daun sirih. Sebab, air daun sirih mengandung astrigent yang dapat mengurangi produksi kelenjar keringat.

1 comment:

mtoha said...

Ooo.. Pantesan... Aku suka makan yang panas dan minumnya teh panas. Bukan teh anget atau es teh tapi teh panas...

Search Engine