Powered By Blogger
Add to Technorati Favorites

Al Quran's verse

(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Alloh. Ingatlah, hanya dengan mengingati Alloh-lah hati menjadi tenteram. (Q.S. Ar-Ra'd, ayat 28).

Search Engine

Monday, April 30, 2007

Makan Bersama di Rumah

Makan bersama keluarga di rumah merupakan suatu kegiatan positif di dalam rumah tangga untuk terus meningkatkan nilai-nilai kebersamaan dalam keluarga. Dengan adanya kegiatan makan bersama keluarga di rumah, kita dapat lebih mendalami karakter dari masing-masing anggota keluarga dan meningkatkan ikatan batin antara satu dengan yang lainnya.

Menurut penelitian, seringnya melakukan makan bersama keluarga selain untuk menjalin kebersamaan dalam tiap anggota keluarga, juga untuk mengenalkan pada anak suatu konsistensi dan rutinitas, melatih anak berkomunikasi, tata krama, gizi dan kebiasaan makan yang baik.

Bukan hanya itu saja, ternyata juga membawa perkembangan baik bagi remaja, dan ini telah terbukti dalam penelitian. Remaja yang makan bersama keluarga, akan lebih berprestasi di sekolahnya dan lebih kecil kemungkinan untuk jatuh dalam pergaulan yang buruk seperti menggunakan obat-obatan dan alkohol, dan kemungkinan untuk mengalami masalah psikis seperti depresi, dibanding dengan remaja yang jarang makan bersama keluarganya.

Penelitian ini dilakukan terhadap 4.700 remaja, dan kepada mereka semua ditanyakan berapa sering mereka makan bersama keluarga dan seberapa dekat mereka dengan keluarganya. Hampir 27% remaja, makan bersama keluarga sedikitnya 7 kali dalam seminggu dan sekitar sepertiganya, makan satu atau dua kali dalam seminggu, atau tidak pernah sama sekali.

Semakin sering mereka makan bersama keluarga, semakin kurang kemungkinan mereka menggunakan obat-obatan, alkohol, dan rokok. Juga dalam hal masalah psikis, mereka lebih sedikit yang mengalami depresi, rasa rendah diri, keinginan atau pikiran untuk bunuh diri. Dan prestasi mereka di sekolah lebih baik. Dan kegunaan makan bersama ini, terutama terlihat pada remaja wanita, walau pada remaja pria juga terlihat.

Untuk itu, mari kita biasakan kembali makan bersama dengan keluarga di rumah minimal 1 kali dalam sehari, ya selain untuk menghindari hal-hal negatif yang bisa terjadi pada anggota keluarga, makan bersama dengan keluarga juga bisa membuat berat badan anggota keluarga bertambah karena membuat nafsu makan bertambah. Nah, rasakan manfaatnya sendiri. Wallahu 'alam.

3 comments:

lintasberita said...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Salam Blogger!

http://www.lintasberita.com/Lokal/Ya_makan_ya_kumpul_ini_paket_lengkap---/

nirmala said...

yup...benar sekali..makan bersama di keluarga ibarat meeting dengan partner di kantor.
asyik lho,makan bersama ma keluarga.
satu keluarga duduk bareng,terus kita juga bisa ngobrol aktivitas hari itu,problem,atau mungkin curhat.
dari situ kitakan bisa take and give. ya..tentunya tidak sambil makan,melainkan sesudahnya...jadi makin deket aja...ga percaya?
coba deeh...
salam kenal dari malang

Bingo Games said...

You were not mistaken, all is true

Search Engine